Atur Jam Kerja Kamu Saat WFH di Bulan Ramadhan

Apakah kamu mendapatkan jadwal kerja dirumah dari kantor mu yang biasa disebut dengan WFH (Work From Home) pada bulan Ramadhan ini ? Jika kamu mendapatkan jadwal WFH dibulan Ramadhan ini pastinya kamu akan menghadapi tantangan ekstra seperti rasa kantuk dan lapar yang mungkin akan sering hadir, sehingga kerja pun jadi kurang maksimal karena kondisi tubuh kamu akan lebih cepat lelah dari yang seperti biasanya.

Lalu untuk mensiasati hal tersebut kami mempunyai beberapa tips yang mungkin bisa menjadi maksimal WFH kamu dirumah selama bulan Ramadhan agar kerja kamu tetap maksimal dan puasa lancar.

TIPS MENGATUR JAM KERJA WFH SAAT BULAN RAMADHAN

Membuat Jadwal Harian

Untuk karyawan Dana Pensiun BRI sudah diberikan fasilitas Google Suite setiap karyawan termasuk untuk pengaturan jadwal harian kamu dengan menggunakan Google Calender sehingga kamu bisa selalu di ingatkan setiap harinya apa saja yang harus kamu lakukan dan selesaikan. Meskipun kamu mendapatkan kesempatan untuk bekerja dirumah membuat jadwal itu sangat penting loh agar kamu stay on track dalam pekerjaan dan yang lebih penting lagi kamu harus konsisten dalam mengerjakan pekerjaan kamu sesuai target.

 

Makanlah Makanan Yang Bergizi

Yuk mulai sekarang selama bulan Ramadhan ini setiap santap sahur dan berbuka puasa kita mengkonsumsi makanan bergizi. Perbanyak jenis makanan rebusan / panggang dan kurangilah makanan yang gorengan. Hal ini sangat penting untuk kamu karena kamu harus tetap menjaga kesehatan selama bekerja dirumah dan berpuasa. Konsumsilah buah dan sayur ketika santap sahur dan juga jangan lupa cukup minum air putih ya.

 

Beristirahat Sejenak

Semangat dalam bekerja di rumah boleh saja akan tetapi terkadang kita suka lupa dengan waktu, terlebih lagi saat harus bekerja dirumah. Buatlah jadwal pengingat khusus untuk beristirahat sejenak agar pikiran dan mood kamu tidak kewalahan. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk sedikit menghirup udara segar di halaman atau sebentar memejamkan mata sejenak. Hal ini dibutuhkan mengingat layar pada notebook / monitor kamu membuat mata lelah.

 

Fokus Pekerjaan

Karena kamu bekerja dirumah kemungkinan terjadi kamu akan terdistraksi dan kurang fokus dengan pekerjaan dan target kamu sehingga kamu akan meluangkan waktu bahkan membuka media sosial sembari bekerja, yang mana akan berdampak pada jam kerja puasa saat WFH menjadi tidak teratur. Kembali kepada point ke-2, bukalah sosial media ketika kamu sedang beristirahat saja ya, agar kamu tetap produktip mengikuti target pekerjaan kamu.

Beribadah Sesuai Jadwal,

Selama WFH dibulan Ramadhan jangan lupa untuk beribadah ya, pasanglah pengingat / alarm pada ponsel kalian sebagai pengingat jadwal Solat, apabila kamu sekarang belum memiliki nya, kamu bisa mendownload aplikasi khusus Adzan pada ponsel kamu. Solat itu selain melaksanakan kewajiban kamu juga termasuk kedalam olahraga ringan lho, selain itu sholat juga bisa dimanfaatkan untuk rehat sejenak dari pekerjaan kamu.

 

Tentukan Jam Kerja,

Sama halnya dengan kamu bekerja seperti biasanya pergi kekantor, kamu harus menentukan jam kerja kamu saat sedang WFH dibulan Ramadhan ini ya. Ketika jam kerja sudah ingin selesai, usahakan kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan kamu sesuai dengan target kamu. Jika tidak memungkinkan lanjutkanlah pekerjaanmu di esok harinya. Apabila tidak diperlukan jangan membuka apapun yang berkaitan dengan pekerjaan di malam hari. Hal ini dilakukan agar ada balance antara pekerjaan dan kehidupan kamu di rumah.

 

Semua poin diatas adalah beberapa tips mengatur jam kerja mu saat kamu WFH di bulan Ramadhan. Tetaplah konsisten dalam mengikuti jadwal dan mengingat untuk tetap menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah kuncinya.