Tips Cara Hemat Data Internet Walau Sering Rapat Zoom

Dana Pensiun BRI > Teknologi Informasi > Tips Cara Hemat Data Internet Walau Sering Rapat Zoom

Pandemi Covid-19, masa dimana saat ini banyak masyarakat melakukan banyak aktivitas secara online / virtual, apalagi banyak dibeberapa perusahaan dan sekolah beraktifitas dari rumah.

Zoom adalah salah satu aplikasi video conference yang saat ini sangat booming dan banyak dikenal oleh berbagai kalangan, yang menjadikan salah satu alternatif untuk melakukan tatap muka secara online dari mana saja.

Dana Pensiun BRI salah satu nya yang saat ini intensitas rapat online sangat sering kali dilakukan, mulai dari acara doa pagi yang sering kali dilakukan selama 1 minggu 2x, bahkan untuk keperluan meeting internal / dengan anak perusahaan dan dengan pihak luar (External).

Pemakaian aplikasi Zoom ini tentunya memerlukan koneksi internet, tidak menutup kemungkinan pengguna Zoom menggunakan paket data seluler tidak dengan menggunakan Wifi.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet ketika melakukan Zoom meeting diantaranya :

Mematikan Kamera Apabila Tidak Dibutuhkan

Apabila anda diundang kedalam ruang rapat yang tidak terlalu resmi atau formal, cara ini bisa dilakukan dengan cara memilih “Turn Off Camera”. Ketika anda menjadi Host anda bisa mematikan kamera anda atau mematikan kamera partisipan sehingga bisa menghemat kuota anda.

Matikan Kualitas Video HD

Menampilkan video dengan kualitas resolusi HD (Hig Definition) dapat menguras lebih banyak kuota internet ketika Zoom. Anda bisa merubahnya pada settingan Video Setting.

Matikan Audio

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video, cara ini bisa mengurangi bandwidth dengan mematikan audio saat sedang tidak berbicara. Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio Anda.

Semoga ketiga cara diatas dapat membantu untuk dapat menghemat kuota internet anda ketika sedang melakukan Zoom.

Layanan Kami

Live Updates COVID-19 CASES