Kenalan Dengan BNLP, yuk..

Dana Pensiun BRI > Informasi Terkini > Kenalan Dengan BNLP, yuk..

Oleh : Aditya Prabowo,

Halo, rekan-rekan sekalian apa kabarnya? Kali ini kita akan membahas sebuah program perekrutan sekaligus pendidikan yang dibuka oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk menjaring kandidat-kandidat potensial untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan Perusahaan di BRI Group yang sudah ada sejak dahulu akan tetapi mempunyai branding baru yang di dalamnya terjadi peningkatan yang terjadi. Yuk, kita lihat apa saja sih tentang program rekrutmen ini.

Latar belakang adanya Program BNLP (Brilian Next Leader Program) yang dulu di kenal dengan PPS Internal ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas Human Capital BRI, oleh karena itu, guna mewujudkan hal tersebut melalui BRI Corporate University telah melaksanakan kegiatan pendidikan bagi Pekerja BRI Group. Selain kegiatan Pendidikan, BRI Corporate University saat ini juga melaksanakan kegiatan sertifikasi kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BRI. Sertifikasi kompetensi dilakukan kepada Pekerja BRI Group yang memenuhi kualifikasi atas suatu bidang tertentu. Program Pendidikan di BRI terdiri dari dari 2 (dua) jenis, yaitu:

  1. Leadership Competency Program; Program Pendidikan untuk pengembangan Leadership Competency antara lain: BLDP, BFLP, BNLP, BGLP dan BSAP.
  2. Professional & Technical Competency Program; Program Pendidikan untuk pengembangan Profesional & Technical Competency antara lain: BSDP, BBOP, BLRP, BBSP, Pendidikan Public Course, Pendidikan Sertifikasi, Kegiatan FPK dan FGD dan Sosialisasi.

Direktur Utama BRI Bapak Sunarso mengatakan perseroan harus menyiapkan orang-orang dan talenta-talenta yang dicari oleh BRI yang harus memenuhi tiga kriteria unggul yakni: intelegensi capital yang kuat, psychology capital yang baik dan social capital yang tinggi. Menurutnya, visi perseroan sebagai The Most Valuable Bank In South East Asia dan Home to The Best Talent. Maka bekerja di BRI harus menjadi ‘game’ yang menarik dan pekerja berkompetisi mengikuti aturan main yang juga menarik. (https://www.republika.co.id/berita/qh4wbc423/bri-hadirkan-lembaga-sertifikasi-profesi-perbankan-pertama)

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini penulis berkesempatan lolos dalam tes yang diadakan untuk masuk pada program BNLP. BNLP sendiri dikhususkan untuk pekerja internal BRI Group untuk percepatan akselerasi karir pekerja dan mendidik pekerja dalam mempersiapkan kepemimpinannya dikemudian hari. Penulis sendiri merupakan pekerja Dana Pensiun BRI yang sudah berkarir kurang lebih 6 tahun, dan terakhir penugasan di Divisi Kepesertaan dan Pelayanan. Penulis sendiri telah berhasil melewati 7 tahapan tes yakni sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi (PreScreening)
  2. Tes Kemampuan Dasar dan Culture Fit Test
  3. Psikotest dan Bahasa Inggris
  4. Background Check
  5. Wawancara Akhir
  6. Komite Panel
  7. Medical Check Up

Program BNLP tahun 2021 ini masuk pada batch ke 3 dan ke 4 yang dimana total peserta yang lolos hingga tahap akhir berjumlah 45 orang. Seluruh peserta BNLP ini sendiri merupakan pekerja BRI Group yang tersebar dari Medan-Jayapura yang mempunyai latar belakang pekerjaan yang beragam, mulai dari Mantri, Relationship Manager, Auditor, sampai Kepala Unit dan Asisten Manajer. Pendidikan yang dimulai dari tanggal 25 Mei 2021 sampai dengan 20 Desember 2021 ini diisi dengan berbagai pelajaran mulai dari Personal Development, Pengenalan dan Materi dari berbagai Divisi yang ada di BRI, On The Job Training (OJT) sampai nanti pada akhirnya terdapat pembuatan makalah dan diujungnya akan dipresentasikan kepada Pejabat terkait. Program BNLP ini kurang lebih memakan waktu sekitar 7 bulan yang harus diikuti oleh seluruh peserta. Selain program pembelajaran didalamnya peserta juga di berikan tugas, salah satunya adalah membuat SNO (Social Needs Orientation) yang mirip dengan CSR (Corporate Social Responsibility), dimana peserta dibentuk dalam beberapa grup yang harus membuat tema SNO dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata yang berdampak social and branding awareness untuk perusahaan dan juga bagi masyarakat sekitar. Pendidikan yang diberikan oleh BRI guna meningkatkan SDM yang pada akhirnya berdampak pada perusahaan sendiri, transformasi yang diharapkan guna menghadapi tantangan dimasa yang makin berat, diantaranya transformasi digital dan kultur, keduanya diharapkan jalan beriringan agar dapat menjadi irisan yang membentuk SDM Tangguh dan tumbuh.

Pada akhirnya dengan hadirnya BRILSP, diharapkan menambah kekuatan BRI dalam mengembangkan SDM yang kompeten dan ahli dalam setiap bidang tugasnya.

#

Layanan Kami