5 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan yang Tepat

86
0
dana pensiun, dapenbri

Menemui seorang penasihat keuangan dapat terasa menakutkan, tetapi ketika Anda sudah menemukan seorang penasihat keuangan yang tepat, ia akan membantu Anda dan mengarahkan Anda ke arah yang benar tanpa membuat Anda merasa kehilangan kendali atas uang Anda.

 

Sebelum mencari penasihat keuangan, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi apa kebutuhan Anda dan bantuan seperti apa yang Anda butuhkan. Apakah itu perencanaan pensiun, pengelolaan investasi, atau perencanaan terkait pajak. Setelah memahami kebutuhan Anda, Anda dapat mulai meminta rekomendasi dari teman, keluarga atau rekan kerja untuk penasihat keuangan yang spesialis di bidang tersebut.

Berikut adalah lima langkah dalam menemukan penasihat keuangan yang tepat menurut Forbes Advisor.

  • Tentukan Bagian Mana dari Kehidupan Finansial Anda yang Membutuhkan Penasihat
    Sebelum Anda berbicara dengan penasihat keuangan, tentukan aspek mana dalam kehidupan finansial Anda yang membutuhkan bantuan. Saat pertama kali bertemu dengan penasihat keuangan, Anda harus siap menjelaskan kebutuhan pengelolaan keuangan Anda.

    Ingatlah bahwa penasihat keuangan memberikan lebih dari sekadar nasihat investasi. Perencana keuangan terbaik adalah orang yang dapat membantu Anda memetakan arah untuk semua kebutuhan keuangan Anda. Hal ini dapat mencakup saran investasi untuk rencana pensiun, pelunasan utang, saran produk asuransi untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan perencanaan warisan.

    Tergantung pada tahap kehidupan Anda, Anda mungkin tidak memerlukan perencanaan keuangan yang komprehensif. Orang-orang yang kehidupan finansialnya relatif sederhana, seperti anak muda yang belum berkeluarga atau memiliki utang yang signifikan, mungkin hanya membutuhkan bantuan untuk perencanaan pensiun.

    Namun, orang-orang dengan kebutuhan keuangan yang kompleks mungkin membutuhkan bantuan ekstra. Mereka mungkin ingin membangun dana kuliah atau perwalian untuk anak-anak mereka, menavigasi situasi pembayaran utang yang agresif, atau menyelesaikan masalah pajak yang rumit. Tidak semua jenis penasihat keuangan menawarkan menu layanan yang sama, jadi tentukan layanan mana yang Anda butuhkan dan biarkan hal ini memandu pencarian Anda.

  • Pelajari Berbagai Jenis Penasihat KeuanganMeskipun banyak orang menyebut diri mereka penasihat keuangan, tidak semua penasihat keuangan memiliki kepentingan terbaik untuk Anda. Itulah mengapa Anda harus mengevaluasi calon penasihat keuangan dengan cermat dan memastikan mereka baik untuk Anda dan uang Anda.

    Ada sebagian penasihat keuangan yang mendapatkan keuntungan dari rekomendasi mereka terhadap produk keuangan tertentu, karena itu Anda perlu memastikan bahwa Anda mengetahui cara mereka menghasilkan uang. Ini membantu Anda menentukan apakah rekomendasi mereka benar-benar lebih baik untuk Anda-atau untuk dompet mereka.

  • Pilih Jenis Nasihat Keuangan yang Anda ButuhkanLayanan yang ditawarkan oleh penasihat keuangan bervariasi dari satu penasihat ke penasihat lainnya, tetapi mereka dapat memberikan nasihat keuangan tentang salah satu topik berikut:
    • Nasihat investasi:
      Penasihat keuangan meneliti berbagai pilihan investasi dan memastikan portofolio investasi Anda tetap berada dalam tingkat risiko yang Anda inginkan.
    • Manajemen utang:
      Jika Anda memiliki utang yang belum dilunasi, seperti utang kartu kredit, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil atau hipotek, penasihat keuangan akan bekerja sama dengan Anda untuk menyusun rencana pelunasan.
    • Bantuan penganggaran:
      Penasihat keuangan adalah ahli dalam menganalisis ke mana uang Anda pergi setelah keluar dari gaji Anda. Penasihat keuangan dapat membantu Anda menyusun anggaran agar Anda siap untuk mencapai tujuan keuangan Anda.
    • Perlindungan asuransi:
      Penasihat keuangan dapat memeriksa polis Anda saat ini untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pertanggungan atau merekomendasikan jenis polis baru, seperti asuransi disabilitas atau pertanggungan perawatan jangka panjang, tergantung pada situasi keuangan Anda.
    • Perencanaan pajak:
      Perencanaan pajak melibatkan strategi untuk mengurangi jumlah pajak yang harus Anda bayarkan, seperti melalui sumbangan amal dalam jumlah besar atau pemanfaatan kerugian pajak.
    • Perencanaan pensiun:
      Penasihat keuangan dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk tujuan jangka panjang, yaitu pensiun. Kemudian, setelah Anda pensiun atau mendekati masa pensiun, mereka dapat membantu memastikan bahwa Anda dapat menyimpan uang Anda dengan aman.
    • Perencanaan warisan:
      Bagi mereka yang ingin meninggalkan warisan, penasihat keuangan dapat membantu Anda mengalihkan kekayaan ke generasi berikutnya, baik itu keluarga, teman, atau kegiatan amal.
    • Perencanaan perguruan tinggi:
      Jika Anda ingin membiayai pendidikan anak Anda, penasihat keuangan dapat membantu Anda menyusun rencana untuk membantu Anda menabung untuk pendidikan tinggi mereka.
  • Tentukan Berapa Banyak Anda Dapat Membayar Penasihat KeuanganDulu penasihat keuangan mengenakan biaya yang merupakan persentase dari aset yang mereka kelola untuk Anda. Saat ini, penasihat menawarkan berbagai macam struktur biaya, yang membantu membuat layanan mereka dapat diakses oleh klien dari semua tingkat kemampuan keuangan.

    Penasihat keuangan yang hanya menerima komisi mungkin terlihat gratis di atas kertas, tetapi mereka mungkin menerima sebagian dari apa yang Anda investasikan atau beli sebagai pembayaran.

    Penasihat keuangan berbasis biaya dapat mengenakan biaya berdasarkan jumlah total aset yang mereka kelola untuk Anda, atau mereka dapat mengenakan biaya per jam, per paket, melalui perjanjian retainer, atau melalui model langganan.

  • Melakukan Riset tentang Penasihat KeuanganNasihat keuangan tersedia dalam berbagai bentuk, dan ada berbagai jenis profesional keuangan yang berbeda, jadi Anda perlu melakukan riset. Pastikan penasihat yang memandu keputusan keuangan Anda dapat dipercaya dan cakap.

    Ada beberapa cara yang baik untuk menemukan penasihat keuangan. Mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, dan rekan kerja saat mencari penasihat keuangan di lingkungan Anda. Atau, cari penasihat keuangan secara online.

    Saat mengevaluasi penasihat, pastikan untuk mempertimbangkan kredensial mereka serta meneliti latar belakang dan struktur biaya mereka. Karena ambiguitas dalam industri ini, Anda harus berhati-hati untuk memastikan Anda mendapatkan penasihat keuangan yang tepat yang memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Ketika Anda telah menemukan penasihat keuangan yang tepat, mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda dan melindungi orang yang Anda cintai dan masa depan mereka secara finansial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hallo!

Apakah ada yang bisa kami bantu ?

×