Mendekati Masa Pensiun, Lakukan 5 Hal Berikut

85
0
jelang pensiun, dana pensiun, dapen, dapenbri

Ketika memasuki satu dekade sebelum masa pensiun Anda, Anda mungkin akan merenungkan apakah semua rencana keuangan Anda sudah sesuai.

“Di usia 50-an, Anda berada di puncak kehidupan Anda, anak-anak sudah lulus kuliah, dan Anda membantu mereka memulai hidup,” ujar Brent Weiss, seorang perencana keuangan bersertifikat seperti dikutip dari cny55.com.

“Pengeluaran keluarga mulai berkurang, Anda berada di tahun-tahun dengan penghasilan tertinggi dan Anda mulai melihat masa pensiun di depan mata. Anda mungkin juga berurusan dengan orang tua yang semakin tua dan mulai membutuhkan sedikit bantuan sesekali. Inilah saat kebanyakan orang menjadi sangat fokus pada masa pensiun.”

10 tahun sebelum Anda pensiun adalah jendela kesempatan yang berharga. Berikut adalah lima langkah keuangan yang harus Anda lakukan, menurut pakar perencanaan keuangan.

  • Tambahkan Tabungan Pensiun Anda
    Setelah Anda berusia 50 tahun, Anda dapat membuat kontribusi tambahan untuk berbagai rencana pensiun. Sekaranglah saatnya untuk menambah tabungan pensiun Anda.
  • Kaji Ulang Investasi dan Risiko Anda
    Ketika Anda mendekati masa pensiun, prioritas investasi Anda harus mulai bergeser dari pertumbuhan menjadi melindungi apa yang sudah Anda tabung. Ini bukan berarti menjadi terlalu konservatif, karena Anda masih membutuhkan uang Anda untuk bertahan hingga puluhan tahun hingga masa pensiun, tetapi kaji tingkat risiko Anda secara keseluruhan untuk memastikan Anda merasa nyaman dengannya. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan antara berinvestasi lebih banyak atau melunasi utang – seperti cicilan rumah Anda. Tidak ada jawaban yang benar atau salah, tetapi ini adalah keputusan yang penting untuk diambil.
  • Memprioritaskan Diversifikasi Pajak untuk Investasi
    Memiliki beberapa rekening yang dikenakan pajak berbeda membuat Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda menghasilkan pendapatan di masa pensiun dan membantu Anda meminimalkan pajak. Cari tahu jenis tabungan yang menawarkan keuntungan pajak, misalnya rekening tabungan kesehatan mungkin bisa menjadi cara yang tepat untuk menabung untuk biaya perawatan kesehatan di masa pensiun karena keuntungan pajaknya.
  • Menilai Kesiapan Pensiun Anda
    Untuk menilai kesiapan pensiun Anda, penting untuk melihat dengan cermat apa saja pengeluaran Anda di masa pensiun dan mengukur sumber pendapatan dan investasi Anda.Anda perlu menentukan berapa banyak pendapatan yang Anda perlukan, apa yang sudah Anda miliki, dan mengidentifikasi kesenjangan yang ada. Penilaian ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan pensiun Anda. Jika Anda merasa tertinggal, tidak apa-apa. Masih ada langkah perencanaan pensiun yang bisa Anda lakukan, tetapi Anda harus bertindak sekarang.
  • Fokus pada Kesehatan dan Kesejahteraan
    Biaya perawatan kesehatan masa pensiun adalah salah satu biaya terbesar yang akan Anda hadapi. Memastikan Anda berada dalam kondisi yang baik secara fisik dapat mengurangi biaya secara substansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hallo!

Apakah ada yang bisa kami bantu ?

×